Skip to main content

Fitlife | 15 Fungsi Creatine bagi Tubuh & Sumbernya

Creatine adalah salah satu suplemen yang paling populer di kalangan atlet dan penggemar fitness. Namun, tahukah kamu bahwa creatine bukan hanya bermanfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan performa olahraga? Fungsi creatine sebenarnya sangat beragam dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas tentang fungsi creatine, mengapa kamu perlu mengonsumsinya, serta sumber pangan yang kaya akan creatine.

15 Fungsi & Manfaat Creatine Bagi Tubuh

1. Meningkatkan Kekuatan dan Massa Otot

Creatine membantu meningkatkan kekuatan otot dengan menyediakan lebih banyak ATP (adenosine triphosphate), sumber energi utama untuk kontraksi otot. Dengan suplementasi creatine, kamu bisa merasakan peningkatan kekuatan dan massa otot secara signifikan.

2. Meningkatkan Performa Olahraga

Bagi atlet dan penggemar fitness, creatine dapat membantu meningkatkan performa dalam latihan intensitas tinggi dan jangka pendek seperti angkat beban, sprint, dan olahraga tim.

3. Mempercepat Pemulihan Otot

Creatine juga membantu dalam proses pemulihan otot setelah latihan. Dengan meningkatkan cadangan fosfokreatin dalam otot, creatine membantu mempercepat pemulihan energi otot sehingga kamu bisa berlatih lebih keras dan sering.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi creatine tidak hanya terbatas pada otot saja. Penelitian menunjukkan bahwa creatine dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori, terutama pada mereka yang menderita kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson dan Huntington.

5. Mengurangi Kelelahan Mental

Selain meningkatkan fungsi otak, creatine juga dapat membantu mengurangi kelelahan mental. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami stres atau memiliki pekerjaan yang menuntut konsentrasi tinggi.

6. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa creatine dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat mengurangi risiko osteoporosis, terutama pada wanita pasca-menopause.

7. Meningkatkan Toleransi Glukosa

Creatine dapat membantu meningkatkan toleransi glukosa dan sensitivitas insulin, yang sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki risiko diabetes tipe 2.

8. Meningkatkan Hidrasi Sel Otot

Creatine meningkatkan volume sel otot dengan menarik air ke dalam sel. Hal ini tidak hanya membuat otot terlihat lebih penuh, tetapi juga dapat membantu dalam proses anabolik dan pertumbuhan otot.

9. Meningkatkan Daya Tahan Otot

Creatine dapat meningkatkan daya tahan otot dengan mengurangi akumulasi asam laktat selama latihan. Ini berarti kamu bisa berlatih lebih lama tanpa merasa lelah.

10. Mendukung Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa creatine dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan fungsi ventrikel kiri dan mengurangi tekanan darah.

11. Membantu Mengatasi Depresi

Penelitian awal menunjukkan bahwa creatine dapat membantu dalam mengatasi depresi, terutama ketika digunakan bersamaan dengan terapi konvensional.

12. Mengurangi Risiko Cedera

Dengan meningkatkan kekuatan otot dan kepadatan tulang, creatine dapat membantu mengurangi risiko cedera, terutama bagi mereka yang aktif dalam olahraga atau aktivitas fisik.

13. Mendukung Fungsi Sistem Imun

Creatine juga dapat berperan dalam mendukung fungsi sistem imun dengan meningkatkan produksi energi dalam sel-sel imun.

14. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa creatine dapat membantu memperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

15. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ada bukti yang menunjukkan bahwa creatine dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi gangguan tidur dan meningkatkan durasi tidur REM.

Alasan Kamu Harus Mengonsumsi Creatine

1. Mudah Didapat dan Aman

Creatine adalah salah satu suplemen yang paling banyak diteliti dan terbukti aman untuk digunakan dalam jangka panjang. Produk ini mudah didapat di berbagai toko suplemen dan online.

2. Manfaat Luas untuk Kesehatan

Seperti yang telah disebutkan, fungsi creatine mencakup banyak aspek kesehatan, mulai dari peningkatan kekuatan otot hingga kesehatan mental dan jantung.

3. Suplemen yang Efektif

Creatine adalah salah satu suplemen yang paling efektif dalam meningkatkan performa olahraga dan massa otot. Banyak studi menunjukkan hasil yang konsisten dalam peningkatan kekuatan dan daya tahan.

4. Mudah Dikonsumsi

Creatine biasanya tersedia dalam bentuk bubuk yang mudah dicampur dengan air atau jus. Beberapa produk juga tersedia dalam bentuk kapsul atau tablet.

Sumber Pangan Kaya Creatine

Fitlife | 15 Fungsi Creatine bagi Tubuh & Sumbernya

Jika kamu lebih memilih mendapatkan creatine dari sumber alami, beberapa makanan berikut mengandung creatine dalam jumlah yang cukup signifikan:

1. Daging Merah

Daging sapi dan kambing adalah sumber creatine alami yang kaya. Mengonsumsi daging merah secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar creatine dalam tubuh.

2. Ikan

Ikan seperti salmon, tuna, dan herring juga merupakan sumber creatine yang baik. Selain creatine, ikan juga kaya akan protein dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3. Ayam

Ayam adalah sumber protein tinggi dan juga mengandung creatine meskipun dalam jumlah yang lebih rendah dibandingkan daging merah dan ikan.

4. Susu dan Produk Susu

Susu, keju, dan yogurt mengandung creatine meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Produk susu juga merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

5. Telur

Telur, terutama kuning telur, mengandung creatine serta nutrisi penting lainnya seperti kolin dan protein.

6. Creaflex dari FITlife

Selain dari sumber alami, creatine juga dapat diperoleh melalui suplemen, salah satunya adalah FITlife CreaFLEX. Suplemen ini dirancang menggunakan bahan baku 100% Kreatin Monohidrat murni, dengan tingkat kemurnian 99%. CreaFLEX mengandung creatine 4,995 gram per 1 takaran sajian, yang unggul secara kemurnian dibandingkan kreatin lainnya.

Konsumsi CreaFLEX 5 gram sebelum dan sesudah latihan untuk hasil yang optimal. FITlife CreaFLEX membantu meningkatkan stamina dan pembentukan massa otot, sehingga hasil latihan semakin terlihat!

Kesimpulan

Fungsi creatine sangatlah beragam dan mencakup banyak aspek penting dalam kesehatan tubuh, mulai dari peningkatan kekuatan dan massa otot hingga fungsi otak dan kesehatan jantung. Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan, tidak heran jika creatine menjadi salah satu suplemen yang paling populer di kalangan atlet dan penggemar fitness.

Mengonsumsi creatine dari suplemen atau sumber pangan alami bisa menjadi langkah cerdas untuk meningkatkan kesehatan dan performa tubuhmu. Jadi, jangan ragu untuk mempertimbangkan creatine sebagai bagian dari regimen keseharianmu!