Navigasi : Kembali - Isu Suplemen Palsu

Isu Suplemen Palsu

Suplemen Palsu , benar ada atau tidak ?

1. Kronologis awal
Isu suplemen whey protein palsu sudah marak beredar semenjak tahun 2017, dikarenakan adanya beberapa orang yang tidak bertanggung jawab melakukan mixing produk dengan produk lain lalu dijual dengan kemasan baru(eceran) . Tentu saja hal ini akan cepat ketahuan, dikarenakan segi rasa dan texture berubah dengan produk originalnya. Namun walau tersangka sudah tertangkap dan sudah diketahui, isu ini terus tetap beredar, bahkan ada isu yang beredar bahwa "PRODUK NON BPOM adalah PRODUK PALSU". Ada juga beberapa produk yang memberikan isu bahwa produknya ada yang memalsukan , agar seakan-akan produk tersebut sangat HYPE/ TERKENAL sehingga ada beberapa orang yang memalsukan produk tersebut

2. Fakta
Buat kalian yang pernah mendengar isu bahwa "PRODUK NON BPOM adalah PRODUK PALSU", itu adalah pernyataan yang tidak didasari oleh bukti yang akurat dan sulit untuk dipertanggung jawabkan dikarenakan tingkat kesulitan membuat produk serupa tanpa memililki vendor atau resep yang sama. Walaupun secara peraturan PRODUK NON BPOM sebenarnya melanggar hukum bila diedarkan atau dijual kepada customer.

3. Mungkinkah membuat produk palsu?
Buat kalian yang masih merasa janggal dengan apa yang dijelaskan, maka saya akan jabarkan lebih mendetail.

- Perisa Sintetik 
Suplemen Whey protein mayoritas menggunakan perisa sintetik ( Flavouring) dimana perusahan perisa sintetik sering kali melakukan kontrak dan tidak akan memberikan rasa yang serupa kepada client atau perusahaan lain. Terkecuali, perusahaan tersebut tidak membeli kepada perusahaan perisa secara langsung melainkan eceran atau repack dari perisa yang dijual di marketplace. Hal ini adalah salah satu alasan yang mendasari mengapa membuat suplemen palsu itu sulit.
Contoh : Pernahkah kalian meminum minuman coklat, dengan rasa yang sama ? walaupun rasa yang tertulis sama-sama coklat.
- Packaging
Buat kalian para pembisnis, pasti tentu tahu bahwa masalah pada UMKM di Indonesia terbesar adalah banyaknya MOQ packaging custom yang harus di order dalam sekali pembelian. Artinya untuk membuat produk palsu , si pemalsu akan kesulitan membuat produk dengan menggunakan design kemasan yang sama.

Kesimpulan
Untuk membuat suplemen palsu , itu adalah hal yang sangat sulit, belum lagi resikonya juga sangat besar.
Sebelum kalian percaya dengan isu-isu yang beredar, sebaiknya kalian research mengenai hal tersebut, jangan sampai isu-isu tersebut ternyata hanya teknik marketing yang digunakan oleh pengusaha.

Semoga apa yang saya share bermanfaat bagi kalian semua. 

Produk Rekomendasi

Image Description

WPRO / ISOLATE

Detail Produk
1.5kg : 650,000 IDR
300g : 175,000 IDR

* Berat Bersih 1.5kg (50 takaran saji)
* Menggunakan 100% Whey Protein Isolate
* Sangat Tinggi Protein (25g per sajian)
* Sangat Tinggi BCAA ( lebih dari 5.5g per sajian)
* Sangat Rendah laktosa ( Hampir 0 )
* Rendah lemak dan kolestrol
* Tidak mengandung Gula tambahan
* Tidak mengandung Gluten
* Tidak Mengandung Filler dan Penggunaan Whey Isolat lebih dari 94%.
* Cocok untuk olahragawan dengan intesitas olahraga yang berat

Ditulis oleh : Victor Anggriawan
Kata Kunci : suplemen palsu, palsu, fake