Navigasi : Kembali - Asam Amino = PROTEIN?

Asam Amino = PROTEIN?

Asam Amino itu sama dengan Protein .

Mungkin banyak dari kalian itu gak paham kalau Asam Amino itu adalah rantainya Protein, baik itu essensial ataupun non-essensial, tetap itu adalah protein.
Jadi protein itu adalah rantaian asam amino.
Perbedaan Essential dan Non-Essential adalah Essential amino itu tidak dapat di produksi oleh tubuh, jadi tubuh harus mengkonsumsi makanan atau sesuatu untuk menambahkannya kedalam tubuh, sedangkan Non-Essential bisa diproduksi oleh tubuh kita.
Karena itu rantai, jadi kalian bayangkan 21 asam amino yang saling mengikat menjadi rantai dan dinamakan sebagai PROTEIN.
Lalu gimana kalau rantainya asam aminonya cuman 3, contohnya VALINE, ISOLEUCINE, LEUCINE. 
Ya tidak bisa disebut sebagai protein, tapi 3 asam amino tersebut adalah pecahan dari rantai pembentuk PROTEIN.

Simpang Siur Asam Amino.

Sering sekali ditemukan media promosi dan ucapan beberapa orang melebih-lebihkan kelebihan dari asam amino itu sendiri, sambil menjelekkan atau mengenyampingkan kehebatan dari PROTEIN. Namun sayangnya, biasanya orang seperti ini tidak paham bahwa sebenarnya PROTEIN itu memiliki kandungan dari asam amino tersebut.
Jadi analogisnya seperti ini :
Seorang pedagang menjual bohlam senter berteriak-teriak kepada pembeli bahwa bohlam ini sangat bagus untuk penerangan , tapi ternyata jika kita membeli senter kita sudah mendapatkan bohlam tersebut.

Asam Amino lebih baik dari Protein

Banyak sekali penjual suplemen menawarkan produk asam amino seperti BCAA, CREATINE, GLUTAMINE , dan lain sebagainya dengan cara bilang bahwa asam amino ini jauh lebih bagus dari Whey Protein dan lebih berguna dalam membantu perkembangan otot.
Inilah yang membuat kebodohan berkepanjangan, tahukah anda bahwa mayoritas asam amino itu sudah ada didalam Whey Protein? * cek tabel
Kalian bisa bayangkan, bagaimana caranya sesuatu yang lengkap seperti pesawat president kalian bandingkan dengan pesawat 12 penumpang hanya karena sama-sama bisa terbang dan sama tujuan?

Loh terus fungsi asam amino apa?

Asam amino diciptakan untuk memenuhi kebutuhan asam amino kalian, simpelnya ketika kalian konsumsi protein yang terdiri dari banyak asam amino, tidak semuanya itu berfungsi atau berguna untuk otot. Karena masing-masing asam amino memiliki kegunaan sendiri di tubuh kalian. Buat yang penasaran bisa chek di google.
Nah, karena hal tersebut diciptakanlah asam amino seperti BCAA, Creatine dan sebagainya. Berfungsi sebagai pemenuhan gizi asam amino yang kurang.
Contohnya disaat seorang bodybuilder mendekati kontes, mereka akan berusaha sekering mungkin sehingga memakan nutrisi seminim mungkin yang memang hanya berfungsi sebagai pencegah penyusutan otot, dan pump otot. Oleh karena itu mereka akan mengurangi konsumsi protein karena ada beberapa asam amino membuat badan terlihat lebih basah .
Namun ini perlu kalian ketahui bahwa bodybuilder itu sangat-sangat konsentrasi kepada nutrisi atau makanan yang dikonsumsi, bila kalian yang memiliki aktifitas normal , apalagi harus bekerja , berpikir, dan bersosilisasi , tentu kalian membutuhkan energi dan asam amino yang dibutuhkan juga haruslah sangat lengkap. Oleh karena itu bila kalian tidak berprofesi sebagai atlit atau melakukan diet ekstrim yang bisa membahayakan kesehatan , konsumsi protein sudah sangat baik dan memberikan efek kepada tubuh kalian . 
Semoga bermanfaat :P

Tabel : RAW Whey Protein Isolate per 100 gram (uji lab basis kering)

Asam Amino mg
Alanine 3817
Arginine 2453
Asparatic Acid 9796
Cysteine 1859
Glutamic Acid 16300
Glycine 1655
Histidine 1613
Isoleucine 5275
Leucine 9801
Lysine 8583
Methionine 1933
Phenylalanine 2799
Proline 5234
Serine 4596
Theronine 6527
Tryptophan 1497
Tyrosine 2601
Valine 5310

Nah coba kalian total nilai asam amino diatas pasti jumlahnya minimal 90,000mg atau setara dengan 90gram.
Kenapa 90 gram, karena dalam 100gram WHEY PROTEIN ISOLATE memiliki kandungan protein 90gram.
Dan bila ada asam amino yang tidak tercantum ditabel pada Whey yang kalian beli, berarti Whey kalian melakukan AMINO SPIKING.
Buat yang gak tahu itu apa AMINO SPIKING, tunggu artikel selanjutnya ya.. 

Produk Rekomendasi

Image Description

WPRO / ISOLATE

Detail Produk
1.5kg : 650,000 IDR
300g : 175,000 IDR

* Berat Bersih 1.5kg (50 takaran saji)
* Menggunakan 100% Whey Protein Isolate
* Sangat Tinggi Protein (25g per sajian)
* Sangat Tinggi BCAA ( lebih dari 5.5g per sajian)
* Sangat Rendah laktosa ( Hampir 0 )
* Rendah lemak dan kolestrol
* Tidak mengandung Gula tambahan
* Tidak mengandung Gluten
* Tidak Mengandung Filler dan Penggunaan Whey Isolat lebih dari 94%.
* Cocok untuk olahragawan dengan intesitas olahraga yang berat

Ditulis oleh : Victor Anggriawan
Kata Kunci : asam amino, protein, whey, isolate